Perketat Keamanan Siber, Bakamla RI Adakan Bimtek Cyber Drill
07 June 2024 Penulis : Humas Bakamla RI
WhatsApp_Image_2024-06-06_at_10.59.18.jpeg

Jakarta, 6 Juni 2024 (Bakamla RI/Indonesian Coast Guard) --- Guna memberikan pengetahuan dalam menghadapi dan menanggapi ancaman keamanan siber, Direktur Data dan Informasi Bakamla RI Laksma Bakamla Frandinanto Suwarno, S.T., membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Cyber Drill yang diadakan di Aula Ary Hasibuan Mabes Bakamla RI, Kamis (6/6/2024).

 

Bimtek dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 6,7, dan 10 Juni 2024, dengan menghadirkan narasumber dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Beberapa materi yang diberikan pada Bimtek tersebut yakni, Pengatar Computer Security Incident Response Team (CSIRT), Security Awareness & Pengantar Cyber Drill, Instalasi Tools Cyber Drill, Peran & Pengenalan Information Technology Security Assesment (ITSA), dan lain-lain.

 

Membuka Bimtek, Laksma Bakamla Frandinanto mengucapkan “Di tengah kemudahan informasi yang terus mengalir melalui berbagai platform dan saluran komunikasi yang mudah diakses, maka tantangan baru pun muncul, yakni risiko keamanan informasi. Untuk menjawab tantangan tersebut, Bakamla RI sendiri telah memiliki tim yang bertugas dalam menangani insiden keamanan siber, yang disebut sebagai Bakamla-Computer Security Incident Response Team atau Bakamla-CSIRT.”

 

“Bimtek ini merupakan kesempatan bagi kita semua untuk saling bertukar informasi, pengalaman, dan best practice dalam menghadapi berbagai tantangan dan ancaman keamanan informasi yang mungkin kita hadapi.”, ujarnya kemudian.

 

Kegiatan Bimtek yang diikuti sebanyak 30 personel ini dilaksanakan secara luring dan berjalan dengan lancar. Bimtek ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar dalam menjaga keamanan informasi di Bakamla RI. (Humas Bakamla RI)

 

Autentikasi : Pranata Humas Ahli Muda Kapten Bakamla Yuhanes Antara, S.Pd

Foto-foto : Humas Bakamla RI

Entri ini telah dilihat 103 kali.