Kepala Bakamla RI Terima Courtesy Call Atase Pertahanan Korea Selatan
21 May 2024 Penulis : Humas Bakamla RI
WhatsApp_Image_2024-05-21_at_08.55.51.jpeg

Jakarta, 20 Mei 2024 (Bakamla RI/Indonesian Coast Guard) – Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr. Opsla., menerima Courtesy Call Atase Pertahanan Korea Selatan Capt. (N) Lee Judeok dan Atase Industri Pertahanan Korea Selatan Kim Hyunwook. Pertemuan berlangsung di Aula Ary Hasibuan Mabes Bakamla RI, Jakarta Pusat, Senin (20/05/2024)

 

Dalam pertemuan ini, Atase Pertahanan Korea Selatan menyampaikan rasa terima kasih atas kesempatan untuk berkomunikasi dan keinginan mereka untuk memahami secara menyeluruh peran Bakamla RI dalam menjaga keamanan, keselamatan, dan penegakan hukum di perairan Indonesia. Mereka juga tertarik mengetahui issue atau permasalahan yang sedang difokuskan oleh Bakamla RI, serta rencana kegiatan yang akan dilaksanakan ke depannya. "Karena kami juga melihat Indonesia ada diposisi sangat strategis, Korea Selatan sangat mendukung kerja sama dalam bidang kemaritiman.", ujar Capt. (N) Lee

 

Kepala Bakamla RI menjelaskan bahwa lembaganya memiliki mandat yang jelas dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 13 Tahun 2022. Mandat ini mencakup pelaksanaan patroli keamanan, keselamatan, dan penegakan hukum di wilayah perairan dan yurisdiksi Indonesia. Selain itu, Bakamla RI juga bertindak sebagai perwakilan pemerintah dalam melaksanakan kerja sama antar coast guard di forum internasional.

 

Untuk diketahui, kerja sama antara Bakamla RI dengan Korea Coast Guard telah terjalin dengan baik, termasuk melalui MoU Kerja Sama Keamanan Maritim yang telah diperpanjang hingga September 2024. Implementasi kerja sama ini mencakup berbagai kegiatan, seperti kunjungan kapal, pertemuan bilateral, partisipasi dalam acara pameran, dan pelatihan personel. Dengan adanya rencana pertemuan bilateral di Indonesia pada awal semester kedua tahun ini, serta undangan untuk menghadiri acara Korean Ocean Expo 2024, kedua belah pihak menegaskan komitmen mereka untuk memperdalam kerja sama dalam bidang keamanan maritim. (Humas Bakamla RI)

 

Autentikasi: Pranata Humas Ahli Muda Bakamla RI Kapten Bakamla Yuhanes Antara, S.Pd.

Foto-foto: Humas Bakamla RI

Entri ini telah dilihat 146 kali.