Kepala Bakamla RI Hadiri HUT KE-77 TNI
06 October 2022 Penulis : Humas Bakamla RI Berita Bakamla
WhatsApp_Image_2022-10-06_at_14.52.54.jpeg

Jakarta, 6 Oktober 2022 (Bakamla RI/Indonesian Coast Guard) —- Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia menghadiri rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Tentara Nasional Indonesia (TNI). Kegiatan berlangsung dengan meriah di Istana Merdeka, Jl. Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kemarin.

 

Upacara peringatan tahun ini mengangkat tema "TNI adalah Kita". Kegiatan Upacara dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo sebagai Inspektur Upacara.

 

Peserta upacara terdiri dari beberapa pleton dari Gabungan Polisi Militer, Gabungan Pasukan Khusus, TNI AD, TNI AL, TNI AU, Polri dan Komando Cadangan.

 

Mengawali upacara, Presiden Joko Widodo memimpin jalannya mengheningkan cipta bagi para pahlawan kemerdekaan dan prajurit yang telah gugur, dilanjutkan dengan pengucapan Sapta Marga.

 

Dalam amanatnya, Kepala Negara atas nama rakyat, bangsa, dan negara, menyampaikan ucapan selamat Hari Ulang Tahun ke-77 kepada TNI. Presiden juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas peran dan kerja keras seluruh jajaran TNI.

 

Selesainya prosesi upacara, Presiden Joko Widodo beserta Ibu Iriana Joko Widodo, dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin bersama dengan para menteri, pejabat tinggi TNI dan masyarakat turut menyaksikan atraksi parade udara. Terdapat beberapa helikopter yang membawa bendera Merah Putih raksasa dan juga atraksi fly pass pesawat tempur TNI.

 

Presiden juga berkesempatan untuk menyapa para prajurit TNI yang bertugas di perbatasan negara yang turut mengikuti jalannya rangkaian acara melalui konferensi video.

 

Selain itu, Presiden juga menyaksikan aksi pemecahan rekor MURI water trappen oleh 8.877 peserta secara serentak di 77 titik lokasi perairan Nusantara. Water trappen secara terpusat dilakukan di Sorong, Papua Barat yang dipimpin oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono.

 

Lebih lanjut, Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma’ruf Amin, didampingi Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, dan Panglima TNI Andika Perkasa beserta para Kepala Staf Angkatan bersama rombongan terbatas, menuju gerbang Istana Merdeka untuk menyaksikan pameran alutsista dan parade (defile) pasukan TNI.

 

Turut hadir secara langsung dalam upacara peringatan ini Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI Puan Maharani, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, serta para menteri Kabinet Indonesia Maju. Hadir juga Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo. (Humas Bakamla RI)

 

 

Autentikasi: Pranata Humas Ahli Muda Bakamla RI Kapten Bakamla Yuhanes Antara, S.Pd.

Foto-foto: Humas Bakamla RI

Entri ini telah dilihat 4701 kali.