Bakamla RI Resmi Tutup Rakor Pengukuran IKLN Tahun 2024
21 May 2024 Penulis : Humas Bakamla RI
WhatsApp_Image_2024-05-21_at_08.54.12.jpeg

Jakarta, 16 Mei 2024 (Bakamla RI/Indonesia Coast Guard 2024) — Bakamla RI resmi tutup Rapat Koordinasi (Rakor) Pengukuran Indeks Keamanan Laut Nasional (IKLN) Tahun 2024. Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari tersebut berlangsung secara produktif di Aula Ary Hasibuan, Mabes Bakamla RI, Jakarta, pada Kamis (16/5/2024).

 

Dalam rakor ini, ada enam dimensi pengukuran IKLN yang dibahas yaitu, dimensi kapasitas patroli, dimensi kapasitas pemantauan, dimensi pengendalian kejahatan laut, dimensi pengendalian pelanggaran laut, dimensi pencemaran laut, serta dimensi pengendalian kecelakaan laut.

 

Terkait rakor pengukuran IKLN ini, Bakamla RI telah menyiapkan action plan berupa pembangunan sistem informasi pengukuran IKLN. Bakamla RI menegaskan akan melakukan pengukuran IKLN setiap tiga bulan, serta hasil pengukuran IKLN triwulan yang akan dijadikan bahan evaluasi dalam forum Keamanan, Keselamatan, dan Penegakan Hukum (KKPH).

 

“Kami berharap, rakor pengukuran IKLN ini akan menghasilkan sesuatu yang sangat berguna untuk mencapai hasil yang baik dalam pengukuran IKL dalam rangka usaha kita berbakti untuk bangsa dan negara”, ujar Laksma Bakamla Dafit Santoso.

 

Di moderatori oleh Kepala Divisi Program Pengembangan Masyarakat Kelembagaan dan Kebijakan Pengelolaan Pesisir dan Lautan, PKSPL IPB Dr. M. Arsyad Al Amin, S.P., M.SI., rakor pengukuran IKLN ini turut menghadirkan sejumlah narasumber dari berbagai intansi terkait seperti Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), Direktorat Kenavigasian (Ditnav), Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP), serta Akademisi.

 

Sebelum menutup rakor, Direktur Strategi Bakamla RI Laksma Bakamla Dafit Santoso menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada para narasumber, peserta, tenaga ahli, tim penyusun serta pihak-pihak yang terlibat dalam rakor pengukuran IKLN.

 

Autentikasi : Pranata Humas Ahli Muda Kapten Bakamla Yuhanes Antara, S.Pd

Foto-foto : Humas Bakamla RI

Entri ini telah dilihat 118 kali.