::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
Bakamla RI Selenggarakan Pelatihan Hukum Laut Internasional
  enni  2017-05-16  52  Print

Jakarta, 16 Mei 2017 (Humas Bakamla RI) --- Direktur Hukum Bakamla RI Laksma TNI Yuli Dharmawanto, S.H., M.H., secara resmi membuka kegiatan Pelatihan Hukum Internasional di Bidang Keamanan dan Keselamatan Laut di Hotel Santika, Depok, Jawa Barat, Selasa (16/5/2017).

 

Selain untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan personil Bakamla RI terkait hukum dan konvensi internasional, kegiatan yang berlangsung selama 5 hari ini juga dimaksudkan untuk mewujudkan implementasi hukum dan konvensi internasional sesuai kaidah hukum nasional, serta mensosialisasikan pemahaman personel Bakamla RI dalam implementasinya, sehingga hambatan dan kendala yang ditemui pada saat melaksanakan tugas penegakan hukum dapat diminimalisir.

 

Dalam sambutan pembukaan, Laksma Yuli menyampaikan beberapa hal, antara lain kegiatan ini merupakan lanjutan tingkat menengah dari pelatihan tingkat dasar yang telah dilakukan sebelumnya, dan diharapkan seluruh peserta dapat mengikuti dengan sebaik-baiknya karena materi yang disampaikan dalam pelatihan ini sangat berguna dalam mendukung tugas dan fungsi Bakamla RI.

 

Sementara itu pelatihan dasar telah dilaksanakan pada Maret 2017 di Bogor, sedangkan pelatihan lanjutan akan digelar pada Juli atau Agustus 2017. Peserta pelatihan antara lain berasal dari Dit Hukum, Dit Kerja sama, Dit Kebijakan, Dit Strategi, Dit Operasi Laut, Dit Operasi Udara Maritim, dan Unit Penindakan Hukum Bakamla RI.

 

Hadir selaku nara sumber yaitu para akademisi dibidang Hukum Internasional dari Universitas Padjadjaran Bandung : Prof. Etty R. Agoes dan Davina Oktivana, S.H., M.H. sedangkan materi Pengantar Hukum Laut Internasional yang disampaikan meliputi perkembangan hukum laut, perairan territorial negara, kewenangan, yurisdiksi dan hak-hak berdaulat negara di laut, laut lepas, hukum laut dan udara.

 

 

Autentikasi:

Kasubbag Humas Bakamla RI, Kapten Marinir Mardiono.

Foto: Humas Bakamla RI