Badan Keamanan Laut



Visi

Terwujudnya keamanan dan keselamatan laut yang terpercaya dan profesional dalam rangka menuju Indonesia maju yang berdaulat dan berkepribadian berlandaskan gotong royong


Misi

  1. Meningkatkan penjagaan, pengawasan, pencegahan, dan penindakan pelanggaran hukum di wilayah perairan Indonesia dan yurisdiksi Indonesia dengan berpedoman pada ketentuan hukum nasional dan Internasional.
  2. Memperkuat kebijakan nasional di bidang keamanan dan keselamatan diwilayah yurisdiksi Indonesia untuk memperkuat jati diri Indonesia sebagai poros maritim dunia.
  3. Menyelenggarakan sistem peringatan dini keamanan dan keselamatan yang mandiri dan kuat berbasiskan kepentingan nasional di wilayah perairan Indonesia dan di wilayah yurisdiksi Indonesia.


Tujuan

  1. Terwujudnya keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia dengan sistem informasi / sistem peringatan dini dan coast guard diplomasi yang berpedoman pada ketentuan hukum nasional dan internasional.
  2. Terwujudnya kapasitas kelembagaan, tersedianya sarana dan prasarana operasi keamanan dan keselamatan laut dan sumberdaya manusia yang profesional, handal dan unggul.


Sasaran Strategis

  1. Meningkatnya penegakan hukum di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yuridiksi Indonesia secara terpadu.
  2. Meningkatnya kebijakan nasional di bidang keamanan dan keselamatan laut di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yuridiksi Indonesia yang kredibel.
  3. Mewujudkan sistem informasi / sistem peringatan dini keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yuridiksi Indonesia yang terintegrasi.
  4. Meningkatnya kapasitas kelembagaan keamanan laut yang efesien dan modern
  5. Meningkatnya kapasitas sumber daya manusia (SDM) aparatur keamanan laut yang profesional, berkompetensi tinggi dan non sektoral
  6. Meningkatnya sarana dan prasarana keamanan dan keselamatan laut yang handal dan modern berbasis sistem peringatan dini.