Presiden RI
 
::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
 
Buku "Panduan Menghadapi Pandemi COVID-19 di Laut"
::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
Bakamla RI Serahkan Buku Panduan Covid-19 di Laut kepada Sekda Provinsi Maluku
  yoga  2020-07-07  19  Print

Ambon, Selasa 7 Juli 2020 (Humas Bakamla RI/Indonesian Coast Guard)— Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Timur Laksma Bakamla Arif Sumartono, S.Sos., M.Si (Han) menyerahkan buku Panduan Penanganan Covid-19 di laut kepada Sekda Provinsi Maluku Kasrul Selang yang juga Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di wilayah Provinsi Maluku. Penyerahan buku tersebut berlangsung di ruang kerja Sekda Provinsi Maluku, Ambon, Selasa (7/7/20).

Seperti diberitakan sebelumnya, dalam upaya penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19 di laut, Bakamla RI telah mengambil langkah strategis yaitu dengan menyusun Buku Panduan Menghadapi Covid-19 di Laut.

Menurut Laksma Arif, buku dengan judul Panduan Penanganan Covid-19 di Laut ini secara resmi diluncurkan oleh Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M., di Media Center Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada 17 Juni lalu.

Peluncuran buku tersebut merupakan wujud kepedulian dari Bakamla RI terhadap percepatan penanganan dan penyebaran Covid-19 bagi para pengguna maupun penegak hukum yang berada di laut.

Kantor Kamla Zona Maritim Timur, lanjutnya, membuka diri membantu pemerintah Provinsi Maluku apabila sewaktu waktu menghendaki pengiriman sembako ataupun peralatan medis (APD) ke pulau-pulau kecil di Maluku.

“Terima kasih atas kunjungan Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Timur dan buku Panduan Penanganan Covid-19 di laut yang telah diberikan. Buku ini berguna sekali bagi kita pengguna transportasi kapal,” kata Sekda Provinsi Maluku.

Provinsi Maluku pada dasarnya adalah daerah kepulauan yang mana luas lautan lebih besar dari pada daratan sehingga untuk menghubungkan satu pulau ke pulau lain dibutuhkan moda transportasi laut. Apa yang telah disampaikan Kepala Zona Maritim Timur bahwa siap membantu pemerintah Provinsi Maluku, kami akan koordinasikan kepada Bakamla RI apabila hendak mendistribusikan sembako dan peralatan medis (APD) ke pulau-pulau di Maluku. Ini sangat membantu kami,” ungkap Sekda Maluku.

Turut hadir pada acara tersebut, Kabid Inhuker Zona Maritim Timur Kolonel Bakamla Julius M. Aponno, S.H., Kasubbid Kerja sama Zona Maritim Timur Mayor Bakamla Mila M. Lekatompessy, S. Hut.