Presiden RI
 
::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
 
PENGUMUMAN
HASIL KELULUSAN AKHIR DAN PENYERAHAN DOKUMEN SELEKSI CPNS BAKAMLA RI TA 2018
::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
Zona Kamla Tengah Beberkan Strategi Bakamla Menjaga Sumber Daya Kelautan
  admin  2019-02-07  79  Print

Manado, 7 Februari 2019 (Humas Bakamla RI)--- Kepala Pangkalan Kamla Armada Manado Kolonel Bakamla Agus Izudin, S.T. membeberkan strategi Bakamla dalam menjaga sumberdaya kelautan dalam Rapat Koordinasi Peningkatan Pelayanan Perizinan Perikanan Tangkap yang digelar oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulut, di Hotel Swiss Bell Manado, Kamis (7/2/2019).

 

Kehadiran Kolonel Bakamla Agus Izudin sebagai nara sumber mewakili Kepala Zona Maritim Tengah Laksma Bakamla Drs. Bastomi Sanap, S.H., M.Hum. Dikatakannya, bahwa wilayah alur laut kepulauan Indonesia Tengah yang menjadi kewenangan Kantor Kamla Zona Maritim Tengah dalam melaksanakan  tugas pengamanan dan keselamatan laut yaitu Laut Sulawesi, Teluk Tomini, Laut Maluku, Selat Makassar, Laut Bali dan Perairan Lombok.

 

Kemudian dijelaskannya tentang strategi Bakamla menjaga sumber daya kelautan, yaitu meliputi upaya yang dilakukan, sinergitas, skema, dan operasi yang dilaksanakan. Sharing info untuk mendukung efektivitas operasi menjadi satu perhatian Bakamla. Kemudian optimalisasi data satelit, respon tanggap darurat, dan peningkatan peralatan sensor kamla. Yang tak kalah penting adalah peningkatan kualitas SDM, dan peningkatan kerja sama operasi, serta peningkatan kerja sama dalam penanganan perkara agar proses hukum tangkapan berjalan efektif dan efisien.

 

Terkait sinergitas operasi kamla, lanjutnya, ada tiga kemampuan Bakamla yaitu surveillance, asset sarana patroli kamla dan sinergitas yang tercermin dalam keterpaduan penanganan hasil tangkapan di dalam Unit Penindakan Hukum.

 

Rapat yang digelar DKP Sulut untuk memberikan pemahaman seputar perizinan rumpon dan perizinan kapal di bawah 10 GT ini menghadirkan pula nara sumber yaitu Asops Danlantamal VIII Kolonel Laut (P) Yarli, Kadis DKP Prov. Sulut Ronal Sorongan, Kapolda Sulut Irjen Pol Remigius Sigid Tri Hardjanto, dan Kasubdit Perizinan DKP Prov. Sulut Meidy. Sementara itu rapat dibuka oleh Asisten II Prov. Sulut, dan diikuti oleh para pelaku pengusaha ikan seprovinsi Sulut serta para Kepala Pangkalan DKP Sulut.

 

Autentikasi :

Kasubbag Humas Bakamla RI, Letkol Bakamla Mardiono