Presiden RI
 
::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
 
PENGUMUMAN
HASIL KELULUSAN AKHIR DAN PENYERAHAN DOKUMEN SELEKSI CPNS BAKAMLA RI TA 2018
::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
Bahas Kerja Sama 2019, ABF Kunjungi Bakamla
  admin  2019-01-17  140  Print

Jakarta, 17 Januari 2019 (Humas Bakamla RI) --- Dalam rangka memperkuat kerja sama internasional di tahun 2019, Kepala Bakamla RI Laksamana Madya Bakamla A. Taufiq R. menerima kunjungan delegasi Australia Border Force (ABF) di Markas Komando Badan Keamanan Laut Republik Indonesia, Jalan Proklamasi, No.56, Jakarta, Kamis (17/01/2019).

 

Membuka pertemuan tersebut, Laksdya Taufiq menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada ABF atas kerja sama yang telah berjalan dengan baik antara Bakamla dan ABF di kesempatan yang lalu. Merujuk pada kerja sama sebelumnya, Bakamla dan ABF telah melaksanakan beberapa program pelatihan seperti Technical and Language Course di bulan April 2018; Patroli Terkoordinasi Luar Negeri "GANNET" di bulan April - Oktober 2018; Pelatihan Penegakkan Hukum di Laut yang dilaksanakan di Jakarta Center for Law Enforcement Cooperation (JCLEC) pada bulan Okober 2018; dan Pertemuan antara Kepala Bakamla RI sebelumnya dengan Komisaris ABF.

 

Direktur Regional ABF untuk Asia Tenggara Commander Chris Waters, datang dengan didampingi oleh jajarannya di Kedutaan Besar Australia, seperti Councellor ABF Superintendent Pam Radin, First Secretary Inspector Ben Honey, dan Project Officer ABF Karl Brandt. Pertemuan kali ini dimaksudkan untuk membahas rencana pengembangan program kerja sama antara Bakamla dan ABF yang telah terlaksana di tahun 2018 dan yang akan di lakukan di tahun 2019. Usulan program tersebut antara lain Pelatihan Bahasa Inggris di Australia dan Indonesia, Border Security Workshop Indonesia-Malaysia di JCLEC Semarang, Senior Official Meetings, Maritime Security Dekstop Excercise, Patroli Terkoordinasi Luar Negeri "GANNET", dan rencana Latihan Bersama antara Bakamla, ABF dan United States Coast Guard (USCG).

 

Lebih lanjut, mengingat Indonesia sedang memasuki masa-masa krusial menjelang Pemilihan Umum Tahun 2019, ABF mengharapkan kerja sama dari Bakamla dalam hal pertukaran informasi, khususnya di bidang keamanan dan keselamatan laut. Program ini dilaksanakan guna mengantisipasi adanya tindak pelanggaran di laut, di masing-masing negara.

 

Menanggapi hal tersebut, Laksdya Taufiq menerima dengan positif poin-poin kerja sama yang akan dilakukan. Pertemuan lanjutan akan dilaksanakan secepatnya, guna mempercepat realisasi program yang sudah direncanakan. 

 

Jajaran Pejabat Bakamla yang turut hadir dalam pertemuan ini seperti Plt Sestama Laksma Bakamla Eko Jokowiyono, S.E., M.Si., Kepala Biro Umum Laksma Bakamla Sandy M. Latief, Kasubdit Kerjasama Luar Negeri Kolonel Bakamla Satya Pratama, S.Sos., M.Sc., dan Kasubbag TU Kepala Bakamla Letkol Bakamla Ridwansyah.

 

 

Autentikasi: Kasubbag Humas Bakamla Letkol Bakamla Mardiono

Foto-foto: Humas Bakamla