::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
Bakamla RI Sosialisasikan Netralitas ASN Dalam Berpolitik Praktis
  enni  2018-02-07  228  Print

Jakarta, 7 Februari 2018 (Humas Bakamla RI)---Dalam rangka melaksanakan amanat UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara terkait Netralitas ASN dalam berpolitik Praktis, maka ASN Bakamla RI dituntut untuk tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis. 

 

Hal itu disampaikan Kepala Bagian Kepegawaian Bakamla RI, Kolonel Marinir Budi Santoso, S.H., M.AP. pada saat memberikan wawasan Pembinaan Personel di Ruang Rapat Kantor Kamla Zona Maritim Barat, Jl. RE. Martadinata No.16 Sekupang, Batam, kemarin.

 

Bersikap netral dalam kehidupan politik, diartikan berdiri sama jarak dan tidak memihak serta tidak terpengaruh oleh tarikan partai politik untuk ikut memperjuangkan kepentingannya serta tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis, ujarnya.

 

Lebih lanjut dikatakannya, ASN Bakamla RI dapat turut serta mensukseskan Pilkada Serentak 2018, Pileg dan Pilpres 2019, sedangkan Implementasi dari netralitas ASN Bakamla RI dalam PEMILUKADA serentak itu adalah tidak memihak dan memberikan dukungan kepada salah satu kontestan Pemilu atau pilkada, namun hanya untuk berpartisipasi sebagai pemilih saja. 

 

Ditekankannya pula bahwa ASN Bakamla RI dituntut untuk tidak terlibat dalam kegiatan dukung-mendukung untuk kepentingan sesaat.  

 

Ini merupakan Perintah bahwa ASN Bakamla RI harus menjaga ucapannya dan tindakan untuk tidak menghimbau atau mengarahkan pihak lain agar memilih salah satu bakal calon peserta Pilkada tahun 2018, dilarang menggunakan simbol atau atribut partai atau bakal calon peserta Pilkada, dilarang memposting photo calon peserta Pilkada baik dengan komentar atau hanya like saja di media sosial dan lain sebagainya yang sudah mengarah pada kegiatan berpolitik praktis dan dapat dipersepsikan sebagai tindakan keberpihakan serta konflik kepentingan sesaat.

 

Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka Sosialisasi tentang Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) Dalam Pemilukada Serentak 2018, Pileg dan Pilpres 2019 tersebut dihadiri oleh Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Barat Laksamana Pertama Eko Murwanto, S.Sos., Kepala Bidang Operasi, Kolonel Laut (P) Eko Wahjono serta seluruh personel Kantor Zona Batam, SPKKL, Pangkalan Armada Batam, serta personel dari KN Bintang  Laut dan KN Belut Laut. 

 

Kedatangan Kabag Kepegawaian yang didampingi Kasubbag Kesejahteraan dan Informasi Kepegawaian, Ujang Rusmana, S.Si., M.T. sekaligus untuk mensosialisasikan Penyusunan Sasaran Kinerja Pegawai kepada CPNS dan PNS di lingkungan Kantor Kamla Zona Matitim Barat serta mensosialisasikan aplikasi bidang kepegawaian.

 

 

Autentikasi :

Kasubbag Humas Bakamla RI, Mayor Marinir Mardiono

Foto-foto : Humas Bakamla RI