::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
 
BAKAMLA RI DAN USCG AKSI RENCANA KERJA TAHUN 2018
  enni  2018-01-03  523  Print

Washington DC, 3 Januari 2018 (Humas Bakamla RI) —- Sejalan dengan visi menjadi poros maritim dunia, juga sebagai implementasi perjanjian kerja sama maritim Indonesia dan Amerika Serikat yang disahkan pada tahun 2015 lalu, di bulan Desember 2017 Republik Indonesia dan Amerika Serikat telah menyepakati sebuah dokumen Rencana Kerja bagi penguatan kapasitas Badan Keamanan Laut Indonesia.

 

Melalui kesepakatan Rencana Kerja dimaksud, Bakamla RI sebagai leading sektor dalam kerja sama maritim di Indonesia, beroleh manfaat berupa penguatan kapasitas dan kapabilitas. Hal ini disampaikan pada kesempatan kunjungan kerja  Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Ari Soedewo, S.E., M.H. ke Pusat Fasilitas United States Coast Guard (USCG), Washington DC, Amerika Serikat, (19/12/2017) lalu.

 

Bentuk kerja sama yang dilakukan antara lain kesempatan pendidikan melalui keikutsertaan pada USCG Academy, Sekolah Calon Perwira, kursus untuk Perwira Internasional di bidang Kemaritiman, dan peluang pelatihan serta pendidikan lainnya. Diharapkan pada tahun 2018, Badan Keamanan Laut akan mengirimkan wakilnya ke US Coast Guard Academy.

 

Selain itu, Bakamla RI dan USCG juga berencana untuk membangun kerja sama antara institusi pendidikan di bidang keamanan maritim di kedua negara. Kedua instansi juga sepakat untuk melaksanakan pertukaran ahli dalam bidang tertentu, loka karya, seminar, serta pertukaran pengalaman, dan pembelajaran.

 

Lebih lanjut, kedua instansi juga sepakat untuk melaksanakan konsultasi antar pejabat tinggi dan dialog secara berkala, mulai dari tingkat teknis hingga strategis, guna mendiskusikan masalah keselamatan dan keamanan maritim yang menjadi kepentingan bersama.

 

Kesepakatan Rencana Kerja antara Bakamla RI dan USCG ditandatangani secara terpisah di Jakarta tanggal  23 Oktober 2017 dan di Washington DC tanggal 6 Desember 2017. Kunjungan Kerja Kepala Bakamla RI ini juga digunakan sebagai peresmian Rencana Kerja yang telah disusun sebelumnya. Kepala Bakamla RI akan melakukan pertemuan dengan Komandan USCG Paul F. Zunkuft ,dan juga melakukan kunjungan ke USCG Academy di York, Pennsylvania.

 

Dengan adanya kesepakatan kerja sama ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dan maksimal dalam mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

 

 

 

Autentikasi:

Kasubbag Humas Bakamla RI, Mayor Marinir Mardiono

 

Foto:

Humas Bakamla RI