Presiden RI
 
::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
 
PENGUMUMAN
PENGUMUMAN JPT MADYA DEPUTI INHUKER 2019
::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
Courtesy Call Kepala Staf Angkatan Laut Republik Singapura Ke Bakamla
    2015-04-29  355  Print

Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla) menerima kunjungan kerja dari Kepala Staf Angkatan Laut Singapura, Laksda Lai Chung Han, Selasa (24/2). Delegasi Singapore Navy diterima oleh Plt. Kepala Bakamla laksdya Maritim Dr. D.A. Mamahit, M.Sc. yang diwakili oleh Plt. Deputy Kebijakan dan Strategi, Laksma Maritim Satria F. Maseo, S.H., M.M. yang didampingi oleh para pejabat Bakamla eselon III dan IV di ruang Pusat komando dan Pengendalian (Puskodal) Bakamla.


Dalam sambutannya, Laksma Maritim Satria F. Maseo, S.H., M.M. memperkenalkan perubahan revitalisasi Bakorkamla menjadi Bakamla (Indonesia Coast guard) yang dideklarasikan oleh Presiden Joko Widodo dalam acara Puncak Hari Nusantara tahun 2014 di Kota Baru Kalimantan Selatan. Dengan revitalisasi Bakorkamla menjadi Bakamla maka tugas dan wewenang tidak lagi mengkoordinasikan instansi penegak hukum di laut tetapi Bakamla terjun lasngsung dalam melakukan patroli keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Indonesia  dan wilayah yuridiksi Indonesia. 

Pada kesempatan berikutnya, Letkol Maritim Arief Meidyanto memberikan paparan tentang organisasi Bakamla serta teknologi yang dimiliki Bakamla untuk pengawasan dan pengamanan wilayah perairan Indonesia. Salah satu teknologi yang dimiliki oleh Bakamla adalah Aissat Bakamla. Dengan menggunakan teknologi ini, Bakamla dapat melakukan pengawasan dan  monitoring pergerakan berbagai jenis kapal yang beroperasi di wilayah perairan Indonesia.

Kunjungan ini dimaksudkan untuk lebih meningkatkan kerja sama Bakamla dengan RSN yang selama ini telah berlangsung dengan baik. Sebelumnya dalam kunjungannya 22-24 Februari 2014RSN telah mengunjungi Menko Polhukam Laksamana TNI (Purn.) Tedjo Edhy Purdijatno dan Panglima TNI Jenderal TNI Dr. Moeldoko. Setelah mengunjungi Bakamla, RSN akan mengakhiri kunjungannya di Indonesia dengan mengunjungi  Kementerian Pertahanan. 

RADM Lai Chung Han dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kesediaan Bakamla menerima kunjungan kerja dari delegasi Singapore Navy. Beliau juga sangat senang dengan perubahan revitaslisasi Bakorkamla menjadi Bakamla.  Dengan adanya perubahan ini, diharapkan dapat meningkatkan kerja sama di bidang keamanan dan keselamatan antara Bakamla dengan Singapore Navy.

 

Sumber: PHP Bakamla