Presiden RI
 
::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
 
PENGUMUMAN
PENGUMUMAN JPT MADYA DEPUTI INHUKER 2019
::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
Bakorkamla Tindak Lanjuti Pertemuan Jokowi dan Shinzo Abe di KTT APEC
    2015-04-29  567  Print

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Bakorkamla Laksdya Maritim Dr. Desi Albert Mamahit, M.Sc. menerima kunjungan kehormatan pemerintah Jepang yang diwakili oleh Shingo Yamagami, Ambassador (Policy Planning, International Security Policy), and Deputy Director-General, Foreign Policy Bureau, Kementerian Luar Negeri Jepang, di kantor Bakorkamla Jl. Dr. Sutomo No. 11 Jakarta Pusat (9/12/2014).


 

Kalakhar didampingi oleh Kepala Pusat Operasi (Kapus Ops) Laksma Maritim Wuspo Lukito, Kepala Pusat Penyiapan Kebijakan Kamla (Kapus Siapjak) Laksma Maritim Satria F. Maseo,  Kepala Bidang Penyiapan Kebijakan Operasi (Kabid Siapjak Ops) Kolonel Maritim Dwi Kardono, S.Sos, MA dan Kepala Bidang Perencanaan Operasi (Kabid Ren Ops) Kolonel Maritim Dody Fernando. Sementara Yamagami didampingi oleh empat orang staf dari Kedutaan Besar Jepang di Jakarta.

Selain kunjungan kehormatan, kunjungan ini sekaligus mengadakan pertemuan untuk bertukar pendapat tentang kebijakan keamanan maritim. Sebagai tindak lanjut pertemuan Presiden Jokowi dengan Perdana Menteri Jepang Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, di sela-sela penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Forum Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifk (APEC) di Beijing, pada November lalu. 

Pada pertemuan tersebut dibahas mengenai perlunya ditingkatkan kerjasama bilateral antara Indonesia dan Jepang di bidang keamanan maritim..

Kalakhar Bakorkamla dan Dubes Yamagami telah mendiskusikan tentang kerjasama pertukaran informasi dan penguatan kelembagaan. Juga disepakati tentang isu-isu maritime yang terjadi di Laut Cina Selatan dan isu-isu operasi maritim di Selat Malaka dan pencurian ikan (illegal fishing).

Di masa mendatang kedua belah pihak akan menindaklanjuti kerjasama lebih lanjut.

 

Sumber: Persidangan, Humas dan Protokol.