Presiden RI
 
::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
 
Buku "Panduan Menghadapi Pandemi COVID-19 di Laut"
::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
Courtesy Call Kepala Bakamla RI dengan MenPAN & RB di Kemenkopolhukam
  admin  2015-08-31  1506  Print

Kepala Badan Keamanan Laut Republik Indonesia Laksdya Maritim Dr. Desi Albert Mamahit, M.Sc. didampingi Sekretaris Utama Dr. Dicky R. Munaf mengadakan pembicaraan khusus dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN & RB) Dr. Yuddy Chrisnandi, disela-sela Rapat Paripurna Tingkat Menteri di bawah koordinasi Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum,dan Keamanan, di kantor Kemenkopolhukam, jalan Merdeka Barat 15 Jakarta (31/8/2015).

 

Dalam pertemuan tersebut, Kepala Bakamla RI menyampaikan hal-hal yang terkait dengan Amanat RencanaPembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2015-2019 tentang perlunya insane penjaga keamanan dan keselamatan laut yang non sektoral melalui adanya Akademi Keamanan dan KeselamatanLaut (AKKL) yang sedang diinisiasi Bakamla, dengan lama pendidikan 4 (empat) tahun dan selama 1 tahun bergabung dengan Akademi Militer yang berada di Magelang.

 

Kepala Bakamla menyampaikan kepada Menteri PAN & RB bahwa personel Bakamla saat ini berjumlah 547 orang, sedangkan kebutuhan hingga sampai Tahun 2019 sekitar 1.484 personel, secara rata-rata dibutuhkan sebanyak 235 personel selama setahun dengan rincian 90 personel berasal dari alumni AKKL dan 145 personel berasal dari rekrutmen umum. Jadi sesuai kebutuhan yang direncanakan untuk personel Bakamla selama 4 (empat) tahun berjumlah 940 personel.

 

Pada prinsipnya dari pertemuan khusus tersebut, MenPAN & RB menyetujui keberadaan Akademi Keamanan dan Keselamatan Laut yang merupakan pendidikan kekhususan Bakamla untuk pemenuhan kebutuhan personel Bakamla sampai dengan tahun 2019. Namun demikian Bakamla RI harus menyampaikan surat resmi yang ditujukan langsung kepada MenPAN & RB dengan tembusan Deputi bidang ESDM KemenPAN& RB, tentang rencana rekrutmen personel Bakamla RI pada Tahun 2019, hingga  berjumlah 1.484 personel yang akan ditempatkan di seluruh wilayah Nusantara, yang akan memonitor ALKI I, ALKI II, dan ALKI III, dalam rangka keamanan dan keselematan wilayah perairan Indonesia dan yurisdiksi Indonesia.

 

 

Sumber : Humas Bakamla