Presiden RI
 
::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
 
Buku "Panduan Menghadapi Pandemi COVID-19 di Laut"
::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
Kantor Kamla Zona Maritim Barat Bakamla Ikut Lestarikan Terumbu Karang
  admin  2015-08-07  1334  Print

“Save Our Littoral Life” merupakan tema dari kegiatan pelestarian terumbu karang di Perairan Batam pada hari Selasa tanggal 4 Agustus 2015. Batalyon Marinir 10 Satria Bumi Yudha mengundang Kantor Kamla Zona Maritim Barat sebagai salah satu partisipan untuk ikut serta melestarikan Terumbu Karang di Pulau Layang Kecamatan Belakang Padang. Bersama rombongan Batalyon Angkatan Darat 134 Tuah Sakti, Batalyon Marinir 10 Satria Bumi Yudha, Polisi Daerah Kepulauan Riau, Pemkot Batam serta beberapa mahasiswa-i Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia, Kantor Kamla Zonmarbar Bakamla yang diwakili oleh Rio Dwi Umbara dan Fadly Ibarqi Aulia ikut serta dalam perjalanan yang dilalui ±30 menit dr Pelabuhan Sekupang Batam dengan menggunakan sarana Sea Reader dan Perahu Karet dari Batalyon Marinir serta kapal pancung yang dimiliki oleh warga pulau setempat.

 

Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh Wadan Batalyon Marinir 10 Satria Bumi Yudha, dan dilanjutkan ucapan terima kasih dari warga Pulau Layang. Selanjutnya bersama warga pulau setempat dan personil dari Batalyon Marinir 10 Satria Bumi Yudha, personil Kantor Kamla ZonMarBar ikut menyelam meletakan bibit Terumbu Karang tsb di dasar laut. Bibit yang disiapkan  mencapai ±1000 bibit dengan berbagai jenis Terumbu Karang yang disebar ke beberapa titik Perairan yang berada di sekitar Pulau Batam.

 

Penanaman terumbu karang sendiri menggunakan media beton agar bibit terumbu karang tersebut tidak hanyut oleh arus laut. Media berbentuk segi empat dan pada satu media terdapat 16 bibit terumbu karang yang ditanam pada kedalaman laut 3 hingga 5 meter dengan posisi masih terkena paparan sinar matahari.

 

Dengan adanya kegiatan penanaman bibit terumbu karang ini, diharapkan lingkungan bawah laut kembali lestari dan kumpulan ikan kembali banyak di perairan tsb, yang pada akhirnya akan meningkatkan hasil tangkapan ikan para nelayan.

 

 

Sumber : Kantor Kamla Zona Maritim Barat