Kepala Bakamla RI Temu Daring dengan Dubes Jepang

Jakarta, Selasa 13 Juli 2021 (Bakamla RI/Indonesia Coast Guard) —- Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M. membahas kerja sama di ranah keamanan dan keselamatan laut dengan Dubes Jepang Y.M. Kenji Kanasugi. Pertemuan berlangsung secara daring di ruang kerja Kepala Bakamla RI, Mabes Bakamla RI, Jl. Proklamasi No. 56, Jakarta Pusat, kemarin.

Bakamla RI dengan pemerintah Jepang, khususnya dengan Japan Coast Guard (JCG), telah menandatangani Memorandum of Cooperation (MoC). Terdapat empat bidang kerja sama yang disepakati, antara lain peningkatan kapasitas personel di bidang keamanan dan keselamatan maritim, penyelenggaraan pertemuan tahunan, pertukaran informasi dan komunikasi, dan kegiatan lainnya yang disepakati oleh kedua belah pihak.

Dalam perjalanannya, Bakamla RI dan JCG telah berhasil menjalin hubungan yang harmonis dengan menerapkan MoC yang telah ditandatangani. Mengirim personel Bakamla RI untuk menempuh pendidikan jenjang S2 di bidang Maritime Security and Safety Policy, sudah terlaksana di tahun 2019. Pelatihan hybrid (melalui daring dan luring) di bidang Maritime Law Enformcement (MLE), juga digelar di tahun yang sama, dan akan dilakukan lagi di tahun 2021 ini.

Selain itu, kapal patroli JCG dengan nama lambung Tsugaru pernah datang ke Indonesia di tahun 2018, tepatnya di pelabuhan JICT Tanjung Priok. Berkat kunjungan tersebut, tidak hanya pertukaran pikiran dalam lingkup tugas dan tanggung jawab coast guard, namun juga diketahui lebih dalam sisi humaniora personel coast guard dari negeri Matahari Terbit tersebut dalam bertugas.

Berbekal track record kerja sama yang cukup baik tersebut, Bakamla RI berharap pertukaran informasi dapat ditingkatkan oleh kedua instansi. “Terkait pertukaran informasi dapat dioptimalkan melalui Indonesia Maritime Information Center (IMIC)”, ucap Laksdya TNI Aan Kurnia.

Selain itu, menanggapi kondisi pandemi, diharap kerja sama yang terjalin tidak merenggang. “Kami semua masih berjuang dalam kondisi pandemi, sehingga kami harap pertemuan, koordinasi dan konsolidasi pembahasan suatu masalah dapat dilakukan secara daring”, lanjut Laksdya TNI Aan Kurnia.

Dalam pertemuan turut dibahas pembangunan Pusat Pendidikan dan Latihan Maritim Bakamla RI di Batam. Diharapkan kerja sama dengan JCG dapat ditingkatkan dengan bertukar pikiran dan penerapan di bidang keamanan dan keselamatan laut oleh JCG.

Dubes Kenji Kanasugi juga turut senang dengan hubungan baik antara Bakamla RI dengan pemerintah Jepang. Diharap kerja sama dapat terus ditingkatkan dan diimplementasikan dengan baik.


Autentikasi: Kabag Humas dan Protokol Bakamla RI Kolonel Bakamla Wisnu Pramandita, S.T., M.M., M.Tr.Hanla.