Kapal Bakamla RI Halau Kebakaran di Laut

Kapal Bakamla RI Halau Kebakaran di Laut

Laut Jawa, 1 Mei 2021 (Bakamla RI/Indonesia Coast Guard) —- Saat melintas di Laut Jawa tepatnya di selatan Karimunjawa, tiba-tiba terdengar bunyi alarm kebakaran dari KN. Tanjung Datu-301 yang tengah melaksanakan tugas patroli keamanan dan keselamatan laut, Sabtu (1/5/2021). 

Saat dilakukan pemeriksaan pada monitor damage control, ditemukan adanya kebakaran di ruang CO2 Central. Berdasarkan kondisi tersebut, dengan sigap Perwira Jaga melakukan peran kebakaran dan melaporkan kejadian secara hierarki kepada komandan kapal.

Komandan KN. Tanjung Datu-301 Kolonel Bakamla Arif Rahman, S.T., M. Tr. Hanla., segera memberikan perintah  untuk mengurangi kecepatan dan mengarahkan kapal ke daratan terdekat.

Tim Penyelamat Kapal (PEK) secara paralel melaksanakan penanggulangan kebakaran sesuai prosedur. Berkat kesiapsiagaannya, kebakaran dapat diatasi setelah dilaksanakan penanggulangan selama 30 menit.

Kejadian tersebut merupakan ilustrasi simulasi latihan penanganan saat terjadi kebakaran di laut yang dilakukan oleh personel KN. Tanjung Datu-301. Latihan dilaksanakan untuk meningkatkan kesiapsiagaan personel dalam menghadapi bahaya kebakaran yang dapat terjadi setiap saat. 


Autentikasi: Kabag Humas dan Protokol Bakamla RI Kolonel Bakamla Wisnu Pramandita, S.T., M.M., M.Tr.Hanla.