Bakamla RI Laksanakan Rapid Test Antigen dan Test Urine

Jakarta, 27 Mei 2021 (Bakamla RI/Indonesia Coast Guard) --- Sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan mencegah terbentuknya klaster baru serta pelacakan penyebaran narkoba, Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) melaksanakan Rapid Test Antigen dan Test Urine bagi seluruh personel yang berdinas di Jakarta. Kegiatan berlangsung di Markas Besar (Mabes) Bakamla RI, Jl. Proklamasi No. 56, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (27/05/2021).

Sesuai keputusan Menteri Kesehatan nomor HK.01.07/MENKES/446/2021 tentang Penggunaan Rapid Diagnostic Test Antigen dalam pemeriksaan Covid-19, Bakamla RI melaksanakan Rapid Test Antigen bagi seluruh personel yang berdinas di Jakarta guna mengantisipasi penyebaran COVID-19. Terbentuknya klaster baru merupakan salah satu fokus yang harus dihindari oleh Bakamla RI.

Terkait pelaksanaan pemeriksan urine, Bakamla RI bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk memastikan tidak adanya personel Bakamla RI yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba. Pelaksanaan diawali dengan Rapid Test Antigen dan dilanjutkan dengan Test Urine oleh petugas dari BNN.

Pemeriksaan ini dilakukan secara bertahap dan sesuai protokol kesehatan, tujuannya untuk memastikan semua personel Bakamla RI bebas dari Covid-19 dan narkoba. Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat.


Autentikasi: Kabag Humas dan Protokol Bakamla RI Kolonel Bakamla Wisnu Pramandita, S.T., M.M., M.Tr.Hanla.