Bakamla RI Bantu Selamatkan Kapal Penumpang yang Terbakar

Bakamla RI Bantu Selamatkan Kapal Penumpang yang Terbakar


Sulawesi Utara, 30 Mei 2021 (Bakamla RI/Indonesia Coast Guard) —- Kapal Motor Penumpang (KMP) Karya Indah yang merupakan kapal penumpang berkapasitas 300 orang penumpang, terbakar saat melaju di Perairan Lifa Matola, Kec. Mangoli Utara Timur, Kab. Kepulauan Sula, Sulawesi Utara, Sabtu (30/5/2021). 

Di pagi hari saat akhir pekan, saat sedang melakukan patroli sektor di perairan Halmahera, KN Ular Laut-405 menerima perintah dari Direktur Operasi Laut Laksma Bakamla Suwito, M.Si (Han). KMP Karya Indah yang sedang dalam pelayaran dari Pelabuhan Ternate menuju Pelabuhan Sanana terbakar. Tidak sedikit penumpang yang terpaksa melompat ke air untuk menghindari api. 

Sekitar pukul 11.00 Tim Pencarian dan Pertolongan Gabungan berhasil mengevakuasi korban dan melakukan pendataan. Diketahui KMP Kaya Indah milik PT. Ajul Safikram Lines saat itu dinahkodai Mahmudin Lahudi. Berdasarkan manifest kapal, saat itu sedang membawa 261 penumpang dan 14 kru kapal.

Hingga berita ini diturunkan, Tim Gabungan yang terdiri dari Tim Sar Sanana, TNI AL, Bakamla, Polri dan masyarakat masih mencari satu orang korban berinisial DH (43) yang masih belum juga ditemukan. 

Turut serta di KN Ular Laut - 405, 3 orang personel tim pencarian gabungan yang berasal dari TNI AL, TNI AD, dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). 


Autentikasi: Kabag Humas dan Protokol Bakamla RI Kolonel Bakamla Wisnu Pramandita, S.T., M.M., M.Tr.Hanla.